Yuk Terapkan 5 Tips Makan Tapi Tetap Kurus

Blog

Tips Makan Tapi Tetap KurusSiapa diantara kamu yang memiliki hobi makan, namun ingin tetap terlihat kurus? Hal ini terdengar sangat kontradiktif dan kurang masuk akal. Akan tetapi bila kamu bisa menerapkan tips makan tapi tetap kurus dengan tepat, maka hal ini bukanlah sebuah hal yang mustahil. Terutama bila kamu memiliki sistem metabolisme yang cukup tinggi.

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa bila makan banyak maka tubuh akan cepat mengembang. Sebenarnya ini bukanlah pemikiran yang salah. Namun juga tidak sepenuhnya tepat. Sebab kamu tetap bisa makan banyak dan memiliki berat badan yang ideal alias kurus. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan dan menerapkan beberapa tips makan tapi tetap kurus dengan tepat berikut ini. 

Tips Makan Tapi Tetap Kurus

Konsumsi Teh Hijau

Dalam dunia kesehatan ataupun kecantikan kamu pasti sudah pernah mendengar bahwa konsumsi teh hijau sangat membantu di dalam bidang tersebut. Namun, apakah kamu tahu? Bahwa sebenarnya khasiat dari teh hijau tak hanya sebatas itu. Dengan mengonsumsi teh hijau kamu juga dapat menjaga berat badan. Sebab teh hijau memiliki khasiat yang mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Bahkan mengonsumsi teh hijau juga dapat menurunkan nafsu makan kamu. Hal ini tentunya membuat kamu bisa tetap terlihat kurus dan menjaga berat ideal meskipun telah makan dalam porsi yang sangat banyak.

Bila kamu mengonsumsi teh hijau, maka usahakan untuk mengonsumsi teh hijau tanpa gula. Hal ini bertujuan agar kalori dalam teh hijau tidak menjadi tinggi. Sehingga konsumsi teh hijau tidak akan membuat kamu menjadi lebih gemuk. Sebab hal yang membuat kamu menjadi gendut sebenarnya tidak hanya dalam porsi makan yang banyak, melainkan akibat kalori yang masuk secara berlebihan ke dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi teh hijau tanpa gula juga membuat kadar kepekatan teh hijau tidak berkurang. Terlebih bila kamu meminumnya ketika masih hangat. Bahkan bila kamu mengonsumsi teh hijau di pagi jari dan sebelum makan akan membuat kinerja teh hijau semakin maksimal, ketika membakar lemak tubuh.

Jangan Lewatkan Sarapan

Sebagian orang pasti berpikir bahwa memangkas sarapan akan membantu kamu mengurangi asupan makanan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Padahal sebenarnya memangkas sarapan hanya akan membuat kamu menjadi kelaparan dan semakin kalap di kala makan siang. Sehingga porsi makan siangmu akan semakin banyak dan tidak terkontrol dengan baik. Khususnya bagi kamu yang sudah terbiasa sarapan dan hobi makan. Hal ini pastinya akan membuat berat badanmu menjadi lebih meningkat. Untuk itu, sebaiknya bila kamu sudah terbiasa sarapan maka jangan tinggalkan kebiasaan tersebut.

Tingkatkan Frekuensi Makan Namun Kurangi Porsi Makan

Tak hanya dilarang meninggalkan sarapan, kamu juga sebaiknya meningkatkan frekuensi makan. Akan tetapi meskipun frekuensi makan ditingkatkan kamu juga harus mengurangi porsi makan tersebut. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang tidak bisa meninggalkan makanan, akan tetapi ingin menurunkan ataupun mempertahankan berat badan dan terlihat kurus. Sebab kamu bisa tetap makan dalam frekuensi yang semakin banyak dan bisa sekaligus menjaga ataupun menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kamu meningkatkan frekuensi makanmu dari yang tiga kali sehari menjadi lima sampai tujuh kali sehari. Akan tetapi pangkas porsi makanmu menjadi setengah atau bahkan hanya sepertiga dari porsi makan normal mu. Tentu ini akan membuat kamu menjadi bisa tetap menjalankan hobi makanmu dan tetap terlihat kurus.

Kunyah Makanan Sampai Halus

Tips supaya kamu bisa tetap makan banyak dan terlihat kurus yang selanjutnya adalah dengan mengunyah makanan sampai halus. Meskipun banyak orang yang sudah tahu bahwa mengunyah makanan yang baik harusnya minimal tiga puluh dua kali, namun sayangnya hanya sedikit orang yang mau mempraktikkan pola makan ini. Padahal dengan mengunyah makanan sampai halus dapat mempermudah kinerja sistem pencernaan. Sehingga makanan pun dapat terserap dengan baik dan tidak menimbulkan kelebihan berat badan karena makanan tidak tercerna dengan sempurna. Oleh karena itu, biasakan untuk mengunyah makanan sampai sehalus mungkin. Setidaknya usahakan untuk mengunyah makanan sebanyak minimal tiga puluh dua kali.

Ganti Camilan dengan Kacang Almond atau Buah-buahan

Kamu pasti sudah sangat paham dan mengerti bahwa kacang almond dan buah-buahan memiliki kalori yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan camilan atau makanan manis yang lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kamu mengganti camilanmu dengan berbagai jenis kacang-kacangan (layaknya kacang almond) ataupun buah-buahan. Hal ini pastinya dapat membuat kamu tetap makan dengan porsi yang banyak, namun dengan kalori yang jauh lebih sedikit.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hal yang membuat badanmu mengembang bukan hanya dikarenakan porsi makanmu yang banyak saja. Melainkan juga dikarenakan kalori dalam makanan yang sangat tinggi dan masuk ke dalam tubuh secara berlebihan. Oleh karena itu meskipun kamu makan dalam porsi yang sangat banyak, asalkan kalori yang masuk ke dalam tubuhmu hanya sedikit maka walaupun makan dalam porsi besar kamu akan tetap bisa mempertahankan berat badanmu dan terlihat kurus. Sehingga agar kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih terjaga dengan baik, kamu bisa mengganti camilan dengan buah-buahan ataupun kacang-kacangan.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan supaya bisa tetap makan banyak dan memiliki badan yang kurus ataupun ideal. Jadi, bagaimana menurut pendapatmu? Apakah tips makan tapi tetap kurus di atas bermanfaat dan bisa diaplikasikan dengan mudah? Ataukah malah sebaliknya?

Share Button