Resep Pangek Ikan Nila Khas Minang

Blog

Masakan Minang memang selalu memiliki cita rasa tersendiri. Masakan ini biasanya tidak bisa ditiru oleh yang bukan sukunya. Entah mengapa, rasanya ada saja yang beda jika tangan yang membuatnya berbeda. Salah satu makanan khas Minang yang banyak disukai orang adalah pangek. Makanan ini merupakan salah satu makanan dengan teknik masak mengentalkan bumbu yang dibutuhkan terlebih dahulu. Apabila bumbu tersebut sudah mengental maka barulah bahan lain dimasukkan. Misalnya pangek ikan, maka setelah bumbu pangek tersebut kental maka Anda tinggal memasukkan ikannya dalam bumbu tersebut. Memang teknik ini merupakan salah satu teknik yang khas untuk masakan ini. Namanya juga pangek maka teknik masaknya pun Anda harus mengikuti teknik yang sebenarnya.

Pangek ikan nila yang enak dan lezat

Pangek ikan memang makanan dengan kelezatan yang tinggi. Rasanya yang lezat dan baunya yang sedap membuat makanan ini banyak disukai oleh masyarakat. Anda bisa menemukan masakan ini di rumah makan padang. Tentu saja, karena masakan ini merupakan salah satu masakan khas Minang dengan rasa yang sangat khas. Dalam hal rasa tentunya sudah tidak diragukan lagi. Apalagi jika Anda langsung membelinya di rumah makan padang yang terkenal dan enak.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin mencoba memasaknya sendiri pun tentu sangat bisa dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan dan juga hal yang harus dilakukan. Sangat mudah pastinya. Akan tetapi memang Anda harus memasak dengan teknik yang telah ditentukan. Sehingga rasanya akan sama.

Cara membuat pangek ikan nila khas Minang

Untuk mendapatkan cita rasa Minang yang khas, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Resep ini adalah untuk 4 porsi.

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 2 ekor ikan nila, air jeruk nipis, dan juga garam. Selain itu, bumbunya adalah 3 siung bawang mutih, 6 butir bawang merah, 12 buah cabai merah, kemiri yang telah disangrai secukupnya, 2 cm kunyit dan lengkuas, dan 1 cm jahe. Ada juga 400 ml santan, 5 buah kacang panjang, 5 buah cabai rawit, selembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan, sebuah asam kandis, gula dan garam secukupnya.

  • Bersihkan ikan

Bersihkan ikan nila dengan air mengalir, lalu lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam. Setelah itu, Anda diamkan selama 15 menit dan cuci kembali dengan air mengalir.

  • Masak bumbu dan santan

Masukkanlah santan dalam panci yang Anda miliki. Rebus santan tersebut bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan juga rempah-rempah lainnya. Masaklah semua bahan tersebut hingga santan mendidih, tetapi aduk terus santan agar tidak pecah. Apabila bau bumbu sudah tidak begitu tercium maka masukkan ikan nila. Tunggu hingga mendidih dan aduk merata.

  • Tambahkan kacang panjang

Sebelum matang masukkan kacang panjang dan cabai rawit. Masaklah hingga bumbunya mengental dengan sempurna. Cek juga semua bahan yang Anda masukkan. Apabila sudah matang sempurna maka bisa disajikan.

Itulah beberapa langkah dalam membuat pangek ikan nila khas Minang yang perlu Anda ikuti. Jangan takut dengan rasanya. Tentu saja, apabila Anda mengikuti semua langkah-langkah tersebut maka hasilnya pasti akan terasa khas Minang. Jadi Anda suda bisa masak makanan dengan cita rasa yang menarik dan rasanya benar-benar mirip dengan masakan Padang yang enak.

Share