Kuliner Khas Lembang

Blog

Kuliner Khas Lembang – Lembang Bandung, merupakan daerah yang banyak menjadi tempat wisata. Hal ini juga karena suasana dan udaranya yang sejuk sehingga banyak wisatawan dari kota yang berlibur ke sana.

Namun selain menikmati suasananya, Anda juga perlu mencoba beberapa kuliner khasnya. Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa Anda coba. Bahkan Lembang juga memiliki banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Kuliner Khas Lembang

Daftar Kuliner Khas Lembang Asyik untuk Dicicipi

  • Tahu Susu Lembang

Hidangan atau lebih tepat disebut dengan oleh-oleh ini adalah tahu susu Lembang. Tahu susu ini terbuat dari susu murni yang ada pada kedelai. Hal ini juga yang membuat tahu susunya memiliki cita rasa yang lezat dan berbeda dengan lainnya. Rasa dari tahu susu Lembang juga lebih gurih dan padat. Tahu susu ini juga sangat aman karena tidak menggunakan pengawet sama sekali.

Biasanya tahu susu akan sangat cocok dinikmati dengan sambal atau cabai. Bahkan Anda juga bisa menikmatinya dengan nasi hangat. Namun karena tidak menggunakan pengawet maka tahu susu ini juga hanya bisa bertahan maksimal 2 hari saja.

  • Yoghurt dan Es Mambo

Lembang juga memiliki hidangan berupa camilan atau jajanan yang khas yaitu yoghurt dan es mambo. Walaupun suasana Lembang yang segar, namun yoghurt dan es mambo ini masih sangat cocok untuk Anda nikmati.

Biasanya bahkan banyak dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung. Anda juga tidak perlu takut akan leleh karena sudah dibungkus dengan cup dan plastik.

  • Oncom

Hidangan berupa oncom ini adalah makanan yang juga hampir mirip dengan tempe. Hanya saja jenis ragi yang digunakan berbeda. selain itu dari warnanya sendiri juga oncom memiliki warna yang sedikit warna oranye. Bahan dasar untuk membuat oncom ini adalah kacang tanah. Oncom juga ada yang terbuat dari bahan ampas kelapa.

Oncom ini nantinya bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lainnya. Seperti sambal oncom, tutug oncom, pepes, ulukutek leunca dan lainnya. Anda bisa mendapatkan oncom ini dengan mudah karena banyak yang jual kuliner khas Lembang ini.

Baca juga : Nasi Tumpeng Pamulang

  • Rujak cuka

Jika rujak biasanya hanya akan menggunakan buah atau sayur saja, berbeda dengan rujak cuka ini. Isiannya menggunakan sayuran dan juga buah-buahan. Uniknya, kuah yang digunakan adalah kuah asam dengan rasa yang sedikit pedas dan manis. Berbeda dengan rujak buah yang kuahnya lebih kental, rujak cuka ini menggunakan kuah yang lebih banyak dan encer. Isiannya menggunakan buah-buahan dengan tambahan berupa sayuran kol dan taoge.

Bumbunya terbuat dari bumbu halus berupa cabai keriting merah, cabai merah, garam, terasi, dan juga ebi kering. Bumbu tersebut nanti akan dicampur dengan gula pasir, air perasan jeruk, air yang sudah mendidih. Rasanya akan segar, manis, pedas dan juga sedikit asam. Akan sangat cocok Anda nikmati ketika siang hari.

  • Cuankie

Hidangan khas dari Lembang yang selanjutnya adalah cuankie. Cuankie tersebut merupakan hidangan yang jika dilihat sekilas, maka akan hampir sama dengan bakso. Dalam cuankie tersebut nantinya akan ada isian berupa siomay, bakso dan juga tahu dengan kuahnya yang bening. Selain beberapa isian tersebut, biasanya cuankie juga akan menggunakan isian seperti keringan untuk menu pendampingnya.

Cuankie ini termasuk kuliner khas Lembang murah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Cuankie tersebut akan sangat cocok jika Anda nikmati di sore atau malam hari dalam keadaan yang hangat.

  • Batagor

Batagor yang banyak ditemukan ternyata adalah makanan khas dari Lembang. Hidangan yang satu ini termasuk ke dalam camilan atau jajanan yang khas. Batagor tersebut terbuat dari tepung tapioka dan bungkusnya menggunakan kulit pangsit. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, maka hidangan ini banyak memanfaatkan campuran dari ikan tenggiri.

Nantinya untuk penyajiannya akan menggunakan saus kacang dan juga berbagai macam saus dan kecap. Hidangan ini akan lebih nikmat jika Anda coba dalam keadaan yang hangat. Biasanya juga akan disandingkan dengan tahu dan kol rebus.

  • Lotek

Lotek adalah hidangan khas dari Lembang yang berisi berbagai macam sayuran dan bumbu kacang yang khas. Jika dilihat dengan sekilas memang akan mirip dengan keredok, pecel dan juga gado-gado. Ciri khas dari lotek ini adalah aroma kencurnya yang kuat dan juga bumbunya akan dicampurkan dengan kentang halus rebus. Untuk cara mengonsumsinya adalah dengan tambahan lontong atau nasi dengan tambahan kerupuk.

Untuk sayur lotek yang digunakan ada dari kangkung, labu siam, kacang panjang, kentang, Nangka muda, toge dan kol. Setelah semua sayuran tersebut matang, kemudian akan dicampurkan dengan bumbu kacangnya hingga merata. Anda juga bisa pesan kuliner khas Lembang ini pada jasa catering.

  • Perkedel Bondon

Hidangan yang selanjutnya adalah perkedel bondon. Bahan yang digunakan untuk hidangan ini sama saja dengan perkedel pada umumnya yaitu menggunakan kentang. Namun yang membuatnya berbeda adalah bumbu rahasia yang digunakan tersebut. Perkedel ini memiliki cita rasa yang lezat dengan tekstur gurih dan lembut. Anda bisa mengonsumsinya dengan nasi hangat.

  • Nasi kalong

Hidangan yang satu ini cukup unik karena warna nasi yang digunakan adalah warna hitam. Warna hitam itulah yang juga sama seperti warna kelelawar atau kalong. Selain itu hidangan ini juga dijual pada saat malam hari saja. Itu juga yang membuat hidangan ini dinamakan nasi kalong atau kelelawar. Beras hitam yang berasal dari bumbu keluwek akan disajikan dengan berbagai macam lauk.

  • Baso Tahu Tulen

Kuliner khas Lembang yang terakhir adalah baso tahu tulen. Baso tahu tulen ini dalam bahasa Sunda berarti dengan tahu yang isinya daging ikan giling. Hidangan ini akan disajikan dengan tambahan lauk lainnya seperti kentang rebus, telur rebus, pare dan juga kol.

Share Button