Cara Memasak Nasi di Kompor

Cara Memasak Nasi di Kompor

Blog

Cara Memasak Nasi di Kompor – Memasak nasi di rice cooker tentu menjadi hal yang sudah biasa dan banyak digunakan saat ini. Tapi hasil dari memasak nasi di kompor sebenarnya lebih enak dan rasanya pun beda. Ketahui bagaimana cara memasak nasi di kompor dengan mudah dan cepat dan hasilnya pun luar biasa.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari memasak nasi menggunakan kompor. Salah satunya yaitu lebih hemat listrik dan nasi bisa matang dengan sempurna serta lebih pulen. Walaupun zaman sudah modern, tapi masih banyak juga orang yang memilih untuk memasak nasi di kompor.

Cara Memasak Nasi di Kompor

Cara Memasak Nasi di Kompor yang Dijamin Pulen

Supaya rasa nasinya menjadi lebih enak dan pulen memang sebaiknya menggunakan kompor karena rasanya akan lebih alami. Berikut ini beberapa cara memasak nasi di kompor yang benar dan dijamin pulen:

1.   Mencuci Beras

Cara pertama yang harus dilakukan ketika memasak nasi di kompor adalah dengan mencuci beras terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menyimpan beras pada saringan yang berlubang kecil, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Bilas selama beberapa kali sampai airnya tidak terlalu keruh. Tujuan dari mencuci beras adalah untuk menghilangkan debu/pati yang berlebihan pada beras. Biasanya, ini yang membuat nasi menjadi lengket/menggumpal ketika dimasak.

Tujuan lain dari mencuci beras adalah membuat nasi menjadi awet dan bebas dari bau tidak sedap.

2.   Buat Takaran yang Pas dan Tepat

Cara berikutnya untuk memasak nasi menggunakan kompor adalah dengan menggunakan takaran beras serta air yang tepat. Supaya hasilnya nasi menjadi lebih pulen, enak, dan nikmat alami.

Apabila takaran berasnya menggunakan gelas/mangkuk, maka perbandingan antara beras dengan air secara umum adalah 1:1,5. Misalnya 3 mangkuk beras, setidaknya memerlukan 4,5 mangkuk air bersih.

Jenis beras biasanya memiliki takaran air yang tidak sama sehingga pastikan dahulu beras yang digunakan takaran airnya sudah benar-benar pas. Ini akan membuat hasilnya nasi tidak akan menjadi kering serta bisa matang dengan sempurna.

Beras yang berbulir panjang biasanya menggunakan takaran dengan perbandingan 2:1, sehingga 1 gelas beras akan dipadukan dengan 2 gelas air. Sedangkan beras yang berbulir pendek seperti misalnya jenis beras jepang yang biasa dipakai untuk membuat sushi.

Maka takarannya 1:1 saja dengan 1 gelas air dan 1 gelas beras sehingga hasilnya akan benar-benar pas.

Baca juga : Pesan snack box di Jakarta

3.   Menggunakan Api Sedang

Memasak nasi di kompor bisa dengan menggunakan api sedang dan jangan menggunakan api yang terlalu besar karena tekstur nasi bisa menjadi rusak. Gunakan panci yang bagian bawahnya tebal supaya mampu menahan dan juga mendistribusikan panas pada seluruh bagian beras dengan baik.

Panci dengan bagian bawah yang tebal ini juga sangat penting untuk merebus nasi dengan menggunakan metode penerapan. Maka pembentukan kantong uapnya menjadi kunci utama dalam memasak nasi di kompor tersebut.

4.   Tutup Panci Ketika Sedang Memasak

Saat proses memasaknya tiba, sebaiknya tutup panci selama proses tersebut. Jangan membuka tutupnya terlalu sering karena akan merusak rasio air dengan beras yang sudah dihitung dengan benar. Maka hasilnya nasi bisa menjadi kering atau kurang matang.

5.   Jangan Langsung Mengaduk Nasi Saat Matang

Setelah nasi matang sebaiknya tidak buru-buru mengaduk nasi tersebut. Jangan juga mengaduk nasi yang sedang mendidih di atas kompor karena teksturnya akan menjadi lebih lembek.

Matikan api lalu tutup lagi panci dan diamkan kira-kira 5-30 menit. Lalu, aduk nasi supaya uap airnya mendistribusikan seluruh bagiannya dengan merata dan hasilnya nasi akan menjadi pulen.

Langkah dan cara memasak nasi di kompor ini ternyata sangat mudah, tapi tetap harus dilakukan dengan lebih berhati-hati dan tepat. Dengan begitu, nasi yang dibuat juga akan terasa lebih enak dan nikmat.

Share Button